Minggu, 24 Februari 2013

Forecasting



   Semester tiga kemarin saya berkesempatan untuk mempelajari  mata kuliah yang berhubungan dengan metode penelitian ilmiah, yaitu metode quantitative, darisana saya mengenal suatu metode penelitian yang berjudul “Forecasting”. Forecasting dalam bahasa inggris, yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah ramalan. Ramalan seperti yang kita ketahui sangat  erat kaitannya dengan masa depan. Kita dapat menerawang jauh melihat masa depan, saat kita berada di garis masa sekarang. Ramalan yang saya pelajari ini bukanlah suatu yang bersifat intuitive atau berdasarkan perasaan tertentu dengan ilmu magis  yang bersifat abstrak dan gaib. Ramalan disini adalah sebuah perhitungan yang diharapkan akurat,  dengan kalkulasi yang tepat dan teliti untuk mendapatkan suatu  proyeksi dimasa mendatang.  Jadi sederhana nya, kita bisa meramalkan masa depan dengan suatu metode penelitian yang ilmiah. Tidak selalu akurat, namun sangat tepat. Ketika ramalan membicarakan tentang waktu, teori tersebut mengatakan bahwasanya kita bisa memproyeksikan masa depan melalui sejarah kronologis  kita di masa lalu. Sejarah masa lalu adalah referensi kita dimasa mendatang. 
Lalu apa yang ingin saya sampaikan?
Saat mendengarkan pembicara di karisma bercerita tentang keorganisasian, Dua kali saya mendengar statement ini dari dua orang yang berbeda, yaitu kang rino dan kang afdhil.. “ keberhasilan suatu periode sangat dipengaruhi oleh keberhasilan periode sebelumnya”
Apa artinya.. ? Dalam konteks organisasi saya rasa jika kita melakukan kinerja terbaik di hari ini, itu artinya kita sedang berinvestasi untuk mengukir sejarah prestasi dimasa mendatang yang kesuksesannya bukan hanya dinikmati oleh diri kita sendiri, namun akan kita turunkan pula kepada generasi dibawah kita. Pun teori ini dapat digunakan dalam berbagai bidang di segala aspek kehidupan.
Jikalau hari ini kita mempersiapkan segala sesuatu untuk hari esok dengan perencanaan (road map) yang matang, lalu kita menjalaninya dengan bersungguh-sungguh, maka masa depan yang cerah sudah pasti milik kita. Hal itu sangatlah ilmiah..
Sejalan dengan apa yang Allah SAW perintahkan kepada ummat manusia agar selalu berusaha yang terbaik dalam menjalani kehidupan baik saat kita mengejar kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11

Maka mulai dari sekarang, marilah kita bersama-sama menjadi seorang peramal yang ilmiah..
Mari kita ramalkan masa depan kita di dunia maupun di akhirat.. lalu buatlah perencanaan untuk menggapai ramalan kita tersebut, dan lakukanlah yang terbaik sesuai dengan perencanaan yang telah kita buat.. insya Allah dengan izin-Nya, ramalan akan menjadi kenyataan.. ^^

wallahu 'alam ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar