Jumat, 04 Januari 2013

Pesan Mati

“Pesan mati, jangan takut mati, meski kau sembunyi dia menghampiri…
 takutlah pada kehidupan setelah kau mati renungkanlah itu..” (Bimbo)

Potongan lirik lagu Bimbo tersebut mengajak kita untuk mengingat suatu hal, yakni akhir dari kehidupan ini. Dalam lirik lagu tersebut tersirat pesan berharga tentang kematian. Suatu hal yang pasti akan terjadi pada setiap insan, kematian merupakan rahasia terbesar Sang Illahi yang kedatangannya tidak dapat kita hindari. Kita tidak akan pernah tahu kapan maut akan menjemput, sedang apakah kita saat maut sedang menjemput, dimanakah kita saat maut sedang menjemput lalu dalam keadaan apakah kita saat maut sedang menjemput.. 

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. QS. al-Anbiya (21) : 35

Kematian.. menyimpan sejuta misteri tentang keagungan Sang Maha Khalik dan menjadi suatu bukti kebesaran-Nya bahwa Dia Maha mampu berkehendak akan segala sesuatu. Namun disini, hal yang harus kita garis bawahi bukanlah soal kematian tapi perjalanan kita nanti setelah menghadapi kematian.. apakah yang sudah kita siapkan untuk menghadapi kematian? Bekal apakah yang kita miliki untuk kehidupan nanti di alam akhirat?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus selalu tersemat di dalam diri kita, agar diri selalu dalam kesadaran yang tinggi untuk secara kontinu melakukan evaluasi dan perbaikan..

Wallahu’alam.
Semoga bermanfaat.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar