Jumat, 04 Januari 2013

Intermezzo :)



Anak kecil selalu memiliki rasa penasaran yang tinggi, mereka selalu antusias terhadap segala sesuatu dan selalu ingin tahu terhadap segala hal. Mereka membutuhkan jawaban dari seorang dewasa yang mereka anggap sudah mengerti banyak hal. Tak jarang kita menjadi tumpuan saat mereka bertanya. Resikonya adalah, kita harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan penuh kesabaran. Karena intensitas mereka bertanya tiada ampun dan tidak kenal lelah. Pertanyaan yang dilontarkan pun sangat beragam, dari hal-hal yang paling  sepele sampai hal-hal besar yang membutuhkan penjelasan yang rumit.
Keadaan ini adalah salah satu proses pembelajaran yang positif dimana adanya rasa ingin tahu yang besar adalah suatu bukti bahwa mereka memiliki semangat belajar yang tinggi. Kesempatan tersebut seharusnya kita arahkan kepada hal-hal yang baik agar terjadi pembentukan karakter yang baik pula. Sudah sepantasnya kita menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan baik, karena kalau-kalau salah dan sekenanya, mereka bisa salah pula mempersepsikannya. Dan terkadang menelannya secara bulat-bulat tanpa mengenal hal itu benar atau salah. Karena kemampuan anak kecil belum bisa membedakan yang benar dan yang salah, mereka membutuhkan semacam mentor yang mengarahkan mereka untuk mengatasi rasa ingin tahunya tersebut. Ini adalah tugas kita pula sebagai role mode untuk banyak mencari tahu  dan menambah wawasan tentang apa-apa saja yang mereka pertanyakan. Sehingga jawaban kita bisa menjadi acuan saat mereka hendak bertindak.
Hari ini tanggal 31 Desember 2012, adalah hari yang tidak terlupakan, karena saya merasa kerdil oleh pertanyaan adik saya yang sangat analitis. Saat saya hendak mengambil wudhu untuk melaksanakan sholat Isya, adik saya yang paling kecil (sebenarnya beranjak remaja : kelas 6 SD) melompat-lompat riang menghampiri saya dan bertanya secara spontan
“teh iiia, kalau disurga nanti orang-orang pakai kerudung gak?”
Glek. 
Ini adalah pertanyaan yang paling sulit untuk dijawab sampai saya kehabisan kata-kata dan memilih untuk diam. Ya, saya speechless.. mematung selama beberapa menit sampai terdengar suara dari belakang menjawab
“pakai ciput ninja..!! hehehe… “ adik saya yang satunya lagi terkekeh geli.
Saya pun tidak kuat menahan tawa, sambil terus berpikir untuk menjawab, namun akhirnya saya menyerah dan memutuskan untuk mencari tahu dikemudian waktu hehe..
Suatu hal yang tidak terduga yang dilontarkan oleh anak kecil. Rasa ingin tahunya sampai sebegitu tingginya untuk mengetahui hal sedetil itu. Tapi menurut saya, pertanyaan tersebut benar-benar pertanyaan yang bermakna, sehingga saya  terinspirasi untuk mengkaji  tentang  Surga-Nya Allah SWT, sesuatu yang selama ini mungkin terabaikan..  padahal mungkin saja  dengan mengenal surga-Nya Allah SWT kita bisa lebih termotivasi untuk menggapainya..
Haah terimakasih guru kecilku.. J

Mengisi waktu luang dimalam tahun baru_ 31 Desember 2012.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar